Tiga Mahasiswa Teknik Sipil UII Ikuti Student Exchange ke UiTM Malaysia

Info Kampus  
Dekan FTSP UII, Prof Ilya Fadjar Maharika menyerahkan bekal kepada tiga mahasiswa yang mengikuti student exchange di UiTM Malaysia. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tiga mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) mengikuti student exchange ke Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia. Mereka adalah Edwina Yaffa Saputra, Hasan Al Faruqi, dan Guntur Yudha Mahendra.

Ketiga mahasiswa tersebut dilepas Dekan FTSP UII, Prof Dr-Ing Ir Ilya Fadjar Maharika, MA, IAI di Ruang IRC Lantai 1 Gedung KH Mas Mansyur Kampus Terpadu UII Yogyakarta, Rabu (4/10/2023). Mereka akan mengikuti kuliah selama satu semester di UiTM Malaysia mulai Oktober 2023 hingga Februari 2024.

BACA JUGA : UAD Kerjasama The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 Perguruan Tinggi Tiga Negara

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Prodi Sarjana Teknik Sipil Ir Yunalia Muntafi, ST, MT, PhD (Eng) IPM menjelaskan program ini diinisiasi pada akhir tahun 2022 dan direalisasikan pada semester gasal tahun akademik 2023/2024 ini. Program pertukaran pelajar ini adalah langkah penting dalam memperkaya pengalaman akademis dan kultural mahasiswa Teknik Sipil.

Prodi Teknik Sipil sangat senang dapat memberikan kesempatan ini kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka, mengembangkan pemahaman mereka tentang teknik sipil dalam konteks internasional. Sehingga mereka dapat berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, serta terlibat dalam pertukaran pemikiran dan ide dengan mahasiswa internasional.

"Program pertukaran pelajar ini adalah salah satu cara kami mempersiapkan lulusan yang adaptif, profesional, dan berorientasi global. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman mondial bagi mahasiswa.,” kata Yunalia Muntafi.

Prodi Teknik Sipil UII, lanjut Yunalia, berkomitmen untuk meningkatkan jaringan dan aktivitas internasional yang dapat mendukung proses akademik. Ke depan, Prodi Teknik Sipil juga berencana menambah kerjasama secara berkala dengan International Islamic University Malaysia (IIUM). Selain itu, juga dengan sejumlah universitas lain di luar negeri sehingga jumlah mahasiswa yang mengikuti student exchange dapat terus bertambah. "Diharapkan setiap tahun terdapat mahasiswa yang dapat mengikuti program serupa," kata Yunalia.

BACA JUGA : UiTM Ajak Mahasiswa UAD Ikuti Modern Language Olimpiade di Malaysia

Yunalia menambahkan dalam satu tahun ini terdapat beberapa kegiatan international mobility yang diadakan Prodi Teknik Sipil UII. Di antaranya, short course Building Information Modelling (BIM) di UiTM Malaysia, Summer School Program, GeoAdventures: Discovering Geohazards and Mitigation Strategies, serta International Collaborative Lecture dengan IIUM.

"Prodi Teknik Sipil FTSP UII berharap dapat mengadakan acara serupa setiap tahun. Hal ini merupakan implementasi akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan predikat akreditasi UNGGUL dari LAM TEKNIK," kata Yunalia.

Sedang Ketua Jurusan Teknik Sipil FTSP UII, Miftahul Fauziah, ST, MT, PhD mengatakan pengiriman mahasiswa untuk mengikuti student exchange akan memberikan pengalaman dan memperkaya wawasan. Selain itu, juga dapat meningkatkan jaringan kolegia di kawasan internasional. "Hasil proses pembelajarannya akan dikredittransferkan," kata Fauziah.

Sementara Dekan FTSP UII, Ilya Fadjar Maharika mengatakan student exchange tampaknya sederhana belajar ke UiTM Malaysia. Tetapi proses pemilihan mahasiswa yang akan mengikuti student exchange, termasuk yang tidak terseleksi merupakan bukti institusi ini, Prodi Teknik Sipil sudah melakukan suatu usaha.

"Pelepasan tiga mahasiswa ini merupakan puncak selebrasi. Namun di balik itu, ada supported system, supported activities, actors yang bisa memastikan pemilihan ini telah berlangsung dengan baik. Ini adalah sistem besar yang harus kita hargai," kata Ilya Fajar Maharika. (*)

BACA JUGA : Dua Mahasiswi Magister Informatika UII Ikuti Student Exchange di Norwegia

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image