UMP Luncurkan 'Titik Baca' di 100 Taman Bacaan Masyarakat Banyumas

Info Kampus  
Peluncuran Titik Baca Perpustakaan UMP bagi 100 Taman Bacaan Masyarakat. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) se meluncurkan program 'Titik Baca' di 100 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di berbagai wilayah di Banyumas. Peluncuran Titik Baca ini bertujuan meningkatkan akses literasi masyarakat dan mendukung pengembangan minat baca di kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa.

Kepala Perpustakaan UMP, Riski Tri Wismanawati, SHum, menjelaskan program ini merupakan bagian upaya UMP memberikan manfaat pada lingkungan sekitar. Titik Baca ini merupakan transformasi pengelolaan perpustakaan UMP berbasis digital yang bisa diakses masyarakat.

BACA JUGA : UMP Bekali Mahasiswa Keperawatan Kemampuan Komunikasi Terapeutik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Titik Baca di TBM ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan informal dan membantu meningkatkan literasi masyarakat," kata Riski di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2023).

Riski menambahkan Perpustakaan UMP berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif literasi masyarakat. "Kami berharap dengan adanya Titik Baca di TBM, masyarakat dapat lebih mudah mengakses bahan bacaan yang bermutu dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan," katanya.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi di lingkungan UMP yang bernilai ibadah, ilmiah dan amaliah. Pembagian titik baca digital dari perpustakaan UMP merupakan transformasi pengelolaan perpustakaan UMP berbasis digital sebagai corak Muhammadiyah yang selalu berkeinginan menjadi trend center bukan lagi follower.

BACA JUGA : Mahasiswa Farmasi UMP Olah Daun Sembung Jadi Obat Infeksi

"Literasi adalah kunci penting dalam menghadapi tantangan zaman. UMP berusaha memberikan kontribusi nyata melalui program Titik Baca ini untuk meningkatkan daya baca masyarakat," kata Jebul Suroso.

Rektor menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan Titik Baca di TBM. "Kita semua memiliki peran dalam menciptakan lingkungan literasi yang kondusif, dan program ini adalah langkah awal yang signifikan," ungkapnya.

Program Titik Baca di TBM ini melibatkan kerjasama antara UMP, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang maksimal untuk pengembangan literasi di masyarakat. (*)

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Farmasi UMP Ubah Bunga Kecombrang Jadi Shampo

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image