Putri Petani, Wisudawati Termuda UNY tak Minder Jadi Minoritas di Jurusan

Info Kampus  
Dyana Arum Nugraini diapit kedua orangtuanya seusai wisuda di UNY. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dyana Arum Nugraini, S Tr T, putri petani menjadi lulusan termuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada wisuda awal September lalu, Dyana memperoleh gelar sarjana terapan dari jurusan D4 Teknik Otomotif Fakultas Vokasi UNY pada usia 21 tahun 1 bulan.

Gadis kelahiran Sleman 12 Agustus 2002 merupakan anak pasangan Tumidi dan Woro Supeni yang berprofesi sebagai petani. Dyana menceritakan awal ketertarikan pada Jurusan D4 Teknik Otomotif Fakultas Vokasi UNY. “Saya masuk di bangku SMK tahun 2016 pada usia 13 tahun” kata Dyana yang masuk Jurusan D4 Teknik Otomotif tahun 2019, Selasa (12/9/2023).

BACA JUGA : Mahasiswa UNY Bisnis Restorasi Motor Retro untuk Biayai Kuliah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Alumni SMKN 2 Yogyakarta Jurusan Sipil tersebut mengaku masuk Taman Kanak-kanak (TK) pada usia 4 tahun yang terbilang cukup muda. Sekolah di TK ini hanya bertahan selama 8 bulan karena Dyana melanjutkan studi di bangku SD.

“Awalnya orang tua ragu memasukkan ke SD karena umur yang belum mencukupi dan takut jika saya tidak bisa mengikuti proses pembelajaran di kelas. Namun dengan berjalannya pembelajaran, saya dapat menangkap materi yang dijelaskan dengan baik sehingga saya dapat naik kelas” kenangnya.

Anak kedua dari dua bersaudara itu tertarik pada jurusan otomotif karena melihat kakak laki-lakinya yang berkuliah di jurusan otomotif. Di mana membongkar mesin motor, memasangnya, dan seterusnya merupakan hal mengasyikkan.

Dari situ muncul rasa ketertarikan untuk berkecimpung dan mempelajari bidang tersebut. Dyana juga diberitahu bahwa di jurusan otomotif memiliki materi yang sangat kompleks dari proses teori, perancangan, serta praktik langsung di lapangan. Rasa ketertarikan tersebut menjadi motivasi baginya untuk belajar secara giat agar dapat diterima di bangku perkuliahan. “Saat di bangku kelas 3 SMK, saya mulai belajar mengerjakan tes untuk masuk perguruan tinggi,” katanya.

BACA JUGA : Cardigan Ecoprint, Karya Mahasiswa UNY Raih Pendanaan PKM-K

Setelah lulus SMK, Dyana mulai mencari informasi terkait pendaftaran kuliah di UNY. Karena lebih tertarik pada proses pelajaran praktik, sehingga jurusan yang dipilihnya adalah D4 Teknik Otomotif. “Selain meminta doa dari orang tua, saya juga terus belajar agar diterima di UNY” katanya.

Pada tahun 2019, D4 Teknik Otomotif dibuka khusus untuk jalur mandiri. Sehingga Dyana fokus untuk belajar dan mengikuti tes mandiri. “Hal yang saya tanamkan pada diri saya sebelum mengikuti tes, yang penting coba dulu dan usaha yang maksimal,” kata Dyana yang ternyata lulus menjadi mahasiswa baru D4 Teknik Otomotif UNY.

Dalam proses orientasi D4 Teknik Otomotif 2019 mayoritas mahasiswanya laki-laki dan perempuan menjadi minoritas. Hal tersebut tidak menjadi sebuah permasalahan bagi Dyana karena dengan latar belakang dari SMK dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.

“Semakin berjalannya proses kuliah, saya merasa terbantu oleh teman-teman, mereka memberikan support, membantu, dan mengajari saya materi-materi yang belum saya pahami. Dari penjelasan materi yang diberikan oleh dosen dan teman-teman, memudahkan saya untuk menangkap materi tersebut sehingga saya paham dari penjelasan yang diberikan dan mampu mengerjakan tugas yang diberikan” ujarnya.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UP 45 Inisiasi Motif Batik Cabai Caturharjo Dipatenkan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image