Pertama di Indonesia, UNY Wisuda 384 Aparat Desa Sarjana Kabupaten Bojonegoro

Info Kampus  

Rektor UNY, Prof Sumaryanto memindahkan kucir wisudawati sebagai tanda prosesi wisuda. (foto : istimewa).

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Mu’awanah, MH mengatakan Program RPL Desa ini merupakan pertama kali ada di Indonesia. Mereka mendapat beasiswa RPL 2022-2023 sebanyak Rp 21,4 miliar untuk dana UKT bagi 999 orang program S1 dan Rp 5,5 miliar dana UKT bagi 250 orang program S2.

“Kelulusan ini tidak membuat Anda mengetahui segalanya. Akan tetapi setelah lulus Anda harus lebih siap mempelajari segala hal, terutama dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat di desa. Terus jaga nama baik almamater dan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro serta buktikan dengan karya nyata menuju kemandirian desa untuk Indonesia maju” pesan Bupati.

BACA JUGA : Putri Petani, Wisudawati Termuda UNY tak Minder Jadi Minoritas di Jurusan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wanita kelahiran 3 Februari 1968 itu menyatakan Program RPL Desa membawa dampak positif. Di antaranya, meningkatnya kualitas sumber daya manusia karena aparatur pemerintahan desa merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang akuntable, transparan dan partisipatif.

Selain itu, kata Anna, kemampuan dan keterampilan pengelola BUMDesa juga meningkat untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan potensi/aset desa agar menghasilkan pendapatan dan berkontribusi pada peningkatan pendapatan asli desa. Selanjutnya, pendapatan tersebut dapat digunakan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

"Di sisi lain kapasitas tenaga profesional pendamping desa juga meningkat dalam memfasilitasi penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sehingga dapat berjalan secara efektif dan akuntabel," kata Anna.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UGM Berhasil Turunkan Stunting Dua Desa di Jepara

Sementara Rektor UNY, Dr Sumaryanto, MKes, AIFO, mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan menyelesaikan studi kepada para wisudawan/wisudawati Program RPL Desa. “Diucapkan terimakasih juga pada Bupati Bojonegoro yang telah mengirim para staf untuk menimba ilmu di UNY, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi selaku penggagas Program RPL Desa, di mana saat ini sudah menjadi rujukan dari berbagai perguruan tinggi,” kata Rektor UNY.

Program RPL Desa, tambah Rektor UNY, bertujuan meningkatkan kualitas SDM desa dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa. "Harapannya semua gelar akademik yang diraih serta ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang telah diperoleh membawa manfaat bagi para wisudawan/wisudawati, keluarga, bangsa dan negara Republik Indonesia, khususnya bagi wilayah Kabupaten Bojonegoro," kata Sumaryanto. (*)

BACA JUGA : FTP UGM Kembangkan Desa Sambak Jadi Digitaly Agro Edutourism

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image